Resep Biasa

Resep 4 : Sistem Fakultas Kedokteran ( Part 1 )

Featured Image.jpg

Halo gaes… mohon maaf lahir batin ya karena sudah lama gak nulis huhuhu… jadi lama ga nulis ini disebabkan oleh karena akhir-akhir ini aku sibuk di kepanitiaan aksi bela mantan.. dan kebetulan aku juga ada lomba sehingga aku harus mengorbankan waktu menulisku.. so sorry ya gaes..

ngomong-ngomong..

5.jpg

Kita udah memasuki pertengahan tahun nih. Biasanya ini adalah masa calon maba (mahasiswa baru) Persiapan buat kuliah nya, dan mungkin beberapa masih ada juga yang lagi cari kuliahan, atau beberapa ada yang milih langsung kerja, langsung nikah, atau langsung punya cucu.. tapi yang jelas ini adalah salah satu masa yang mungkin paling blukutuk bagi hidup kalian.

aku masih inget, waktu dulu aku berjuang buat cari sekolah.. belajar terus seharian.. tiap hari ngerjain puluhan macam soal.. tidur di depan tempat les.. biar bangun-bangun langsung les.. searching tips ujian.. ramalan zodiak.. bahkan tutorial cara membuat origami.. tapi masih aja aku ditolak SD favorit kotaku saat itu..

Oke but tenang aja.. karena semua akan indah pada waktunya kok… meskipun kadang waktu itu tak datang-datang hahahahihiks.. but by the way.. salah satu ciri datangnya masa ini adalah mulai munculnya yajuj dan majuj  calon maba2 yang mulai kepo nanya ke kakak kelas mereka, “gimana sih kehidupan kuliah itu”, “persiapanya gimana”, “cari kos gmn”, “tata cara cuti nikah gimana” dan lain lain.. dan salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan ke aku adalah… “mas-mas, udah punya pacar belum ?” #eaa #impiansemu.. sebenarnya yang paling sering ditanyakan adalah “mas-mas, sistem kuliah di FK itu gmn ya ?”

jawaban singkatnya “sistemnya romusha”

1.PNG

Berbeda dengan fakultas lain.. hampir semua atau bahkan semua Fakultas Kedokteran di Indonesia punya sebuah sistem pembelajaran yang berbeda. Selain itu kuliah di FK juga mempunyai suasana tersendiri..suasananya bukan kayak Film Pitch Perfect, High School Musical atau glee.. nyanyi-nyanyi joget joget sambil kuliah.. tapi kalau di FK suasananya kaya film Rembo ama Konjuring.. jadi kuliah penuh ledakan dan kesurupan.. itulah kenapa kebanyakan calon maba sering banget nanyain gimana sih sistem kuliah di FK itu yang sebenarnya.. apa aja yang harus dipersiapin… dan kapan waktu yang tepat untuk dropout #jreng…

Untuk membantu kalian lebih memahami kuliah di FK.. di tulisan kali ini aku akan mencoba menjelaskan secara sederhana bagaimana sistem kuliah di FK itu.. sehingga mumpung kalian belum masuk kuliah.. kalian masih punya waktu untuk berpikir pindah jurusan #jreng..

Sekolah dua kali

Salah satu hal yang blukutuk kuliah di FK adalah.. kamu akan menjalani masa studi 2x.. yaitu masa klinik dan masa preklinik..

pada dasarnya.. kalian akan menjalani masa preklinik yang berisi tentang mempelajari teori-teori kedokteran dan masa klinik dimana kalian akan mempraktikan teori-teori yang sudah kalian pelajari sebelumnya di masa preklink..

masa preklinik ini akan kalian jalani selama 3.5 tahun, dan ketika kalian lulus dari masa ini.. kalian akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran.. atau S.Ked.. dan meskipun kalian sudah punya gelar S.Ked.. kalian masih belum boleh periksa pasien.. kalian cuma boleh periksa barang bawaan anda pastikan jangan ada yang tertinggal.. #haha #kriuk.. karena di pendidikan preklinik ini kalian baru belajar teorisasi kedokteranisasi aja..

Crying.gif

untuk bisa menjadi dokter yang halal.. kalian akan melanjutkan pendidikan kalian dijenjang klinik.. dan disini.. kalian mulai disebut dengan dedek copas… eh koas.. jadi ketika kalian denger ada orang nyebut kata koas koas.. itu bukan mantra anti jomblo ya.. tapi itu sebuah istilah untuk mahasiswa kedokteran yang menjalani pendidikan klinik.

di masa klinik ini kalian akan mempraktikan segala teori yang sudah kalian pelajari di masa preklinik.. dan itulah mengapa masa ini adalah masa belajar kedokteran yang sebenarnya.. karena di masa koas ini kalian gak lagi belajar di gedung kuliah, tapi kalian akan belajar di rumah sakit atau puskesmas.. kalian juga bakalan berhadapan langsung dengan pasien, kalian bakalan jaga di rumah sakit, kalian makan di rumah sakit, tidur di rumah sakit, mandi di rumah sakit.. jadi intinya masa koas ini kalian jadi tunawisma..

Dokter Tidur.jpg

masa koas ini akan berlangsung selama kurang lebih 2 tahun.. sehingga kalau di total.. maka kalian akan kuliah selama 3.5 tahun + 2 tahun.. itu artinya bye bye nikah muda..

Gak magang gak dokter

setelah koas lulus, kalian pun harus menjalani magang selama 1 tahun terlebih dulu di lapangan.. dalam hal ini bisa di perdesaan atau di suatu lokasi tertentu yang ditentukan oleh KIDI (Komite Internship Dokter Indonesia) sebenernya internship ini bukan kuliah sih.. jadi magang yang dimaksud disini adalah kalian akan berperan menjadi dokter yang sesungguhnya tanpa bimbingan dari dosen dan lain-lain.. dan ini tujuanya biar kalian menjadi dokter yang halalan thoyiban, lebih berpengalaman dengan medan, dan dapet ijin praktik.

jadi secara total.. untuk menjadi dokter kalian akan membutuhkan waktu paling cepat 6.5 tahun.. mending buka klinik pengobatan jeng ana deh ._.

Semester is for the weak

hal lain yang membedakan fakultas kedokteran dengan fakultas lainya adalah di FK tidak menerapkan sistem semesteran… tapi di FK menggunakan sistem kerja rodi…

di FK kita mengenal sebuah sistem yang di namakan sistem BLOK.. jadi.. kalau sistem Semester.. kalian akan mempelajari misalnya materi Bab 1 – 6 sebuah buku pelajaran selama satu semester.. dan pada akhir semester kalian akan melaksanakan ujian yang berisi materi bab 1-6.. sedangkan dengan sistem Blok.. kalian akan mempelajari materi Bab-bab tersebut secara terpisah.. jadi nanti dalam 1 Blok kalian hanya akan mempelajari 1 materi saja, sehingga waktu studi selama 1 blok lebih singkat, hanya sekitar 4-6 minggu saja serta ujian akan dilaksanakan di tiap akhir blok.

dengan sistem blok ini.. otomatis materi yang di ujikan akan lebih ringan dikarenakan materinya tidak sebanyak perasaan kalian yang terpendam.. tapi disi lain.. kita akan melaksanakan lebih banyak ujian dibandingkan sistem semester.

Study Hard.gif

di dalam satu blok juga tidak hanya berisi kuliah doang kayak penyuluhan ibu hamil.. tapi kalian juga akan dapet praktikum, keterampilan medik, skill practice, teori penugasan, paket hotel 2 hari 3 malam, transportasi bus Ac 3 hari, makan 3x sehari.. malah mirip promo umrah ya -_-..

kurang lebih kegiatan dalam satu blok itu kyk gini..

jadi gaes

3 hal tadi merupakan beberapa dari puluhan juta ribu ratus keunikan lain yang ada di FK.. di part selanjutnya.. aku akan bahas beberapa hal lagi yang kalian harus tau sebagai persiapan di FK.. antara lain adalah.. kapan waktu tepat untuk dropout.. dan bagaimana mekanisme cuti untuk menikah #jreng

one last sentence..

kuliah di kedokteran memang lama.. kuliah di FK memang  berat.. tapi percayalah… semua itu akan terbayar ketika kamu mendengar “lamaran kamu saya terima” dari calon mertuamu..

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

semoga amalan ramadhan kita kemarin di terima oleh Allah

dan Mohon maaf lahir batin

-Felix G. Hartono-

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Bismillah

Satu tanggapan untuk “Resep 4 : Sistem Fakultas Kedokteran ( Part 1 )”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s