Resep Biasa

Resep 6 : Sistem Fakultas Kedokteran ( Last Part )

 

Featured Image.jpgJadi.. waktu dulu ospek FK.. ada sebuah pengalaman memalukan yang seharusnya ga aku critain karena kaya gibahin diri sendiri… tapi bakal aku ceritain karena aku suka ghibah.

jadi pengalaman ini bermula ketika aku dan kelompoku (waktu ospek dibagi kelompok) lagi mersiapin segala perlengkapan buat ospek… wajar kan emang kalau waktu ospek biasanya maba bakal dapet tugas disuruh bikin papan nama, topi, tas, meja, lemari, jam dinding, teflon.. intinya maba disuruh bikin yang aneh-aneh.. dan kejadian ini terjadi ketika malam hari kita lagi asik-asiknya motongin kardus buat bikin tas. Aku kebagian motongin kardus, sedangkan temanku kebagian menjadi lelaki kardus.. lagi asik-asik motong.. tiba-tiba tanpa sengaja aku menyayat jariku sendiri.. dan hebohlah kita semua.. karena saat itu darah mengucur begitu derasnya.. lukaku seperti luka di gigit koala yang belum sikat gigi 3 tahun.. akhirnya aku dilarikan ke rumah sakit sama temen-temenku.. jadi mereka naik motor.. dan aku lari dari belakang..dilarikan #thuglife

sesampainya dirumah sakit.. aku langsung masuk ke unit gawat darurat.. sampai sana isinya ibu-ibu.. eh ternyata aku salah masuk ruang persalinan… ketika aku udah masuk unit gawat darurat yang sesungguhnya.. ada perawat yang langsung kasih penanganan ke lukaku.. waktu itu cuma dikasih betadin sama kapas.. tapi disitu bukan cuma aku yang dapet penanganan.. ada yang kecelakaan, ada yang luka parah dan ada yang darurat beneran bukan kaya aku yang akting biar ga disuruh motongin kardus lagi.. dan ketika itu aku kagum banget sama skill2 perawat atau mungkin dokter muda yang nanganin pasienya.. dan yang ada dipikiranku adalah “bayarnya berapa ya” “kapan ya aku bakalan belajar kaya gini”..

Emergency Room

dan Keterampilan Medik (KM) adalah jawabanya..

KM adalah tempat kalian belajar menjadi dokter yang sesungguhnya…

disini kalian bakal belajar praktik-praktik penanganan medis kedokteran. Di KM kalian bakal belajar cara masang perban, jahit, bikin obat, nulis wasiat resep ataupun cara sunat laser.

dalam satu kelas KM kalian bakalan dibagi jadi kelompok yang isinya 8-10 orang dan 1 orang instruktur.. disini instrukturya bukan yang jago senam.. instruktur disini adalah orang yang bakal kasih contoh ke kalian dan ngajarin ke kalian tata cara serta tujuan menggunakan peralatan kedokteran atau tindakan kedokteran. pada dasarnya semua ada tujuan dan tata caranya.. tujuan dokter pake stetoskop bukan cuma pingin dengerin cacing diperut nyanyi eta terankanlah.. pun juga tatacara pake stetoskop ga asal dipake kaya headset.. itulah mengapa kita harus paham dulu teori dasar dan prinsipnya dari kegiatan KM ini.

Di KM kalian g mungkin mempraktikan tindakan-tindakan, misalnya nyuntik, jahit atau ngelamar ke manusia langsung.. maka dari itu kalian nanti akan menggunakan sebuah alat yang bernamakan manekin.. manekin ini dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan tubuh manusia.. maka tak jarang pundak dari manekin sering digunakan untuk bersandar.. dan tangan manekin sering digunakan buat gandengan.. hal ini lumrah bagi anak kedokteran.. mengingat masa studi yang lama dan melelahkan acapkali membuat mereka kena penyakit syndroma singleoma.

Tapi ini bukan berarti kalian harus pake manekin setiap saat.. ada beberapa materi yang mengharuskan kalian interaksi sama manusia sungguhan.. misalnya pas belajar ta’arufan teknik komunikasi dokter-pasien.. karena manekin ga bisa diajak ngomong, jadinya di materi-materi semacam ini, pihak FK biasanya bakalan mengundang seorang probandus. Probandus adalah orang yang akan berperan seolah-olah menjadi pasien kalian, dan mereka ini udah di kasih tau skenarionya sebelumnya.. jadi ntar semisal ada probandus yang udah dikasih skenario sakit pinggang, waktu kalian kasih pertanyaan dan kalian periksa.. mereka bakalan akting sakit pinggang beneran.. atau probandus yang udah dikasih skenario tuli dan buta.. waktu kalian kasih pertanyaan jelas g bakal dijawab.. tapi kalau kalian kasih bahan ghibahan.. mereka bakalan ngikut .#Nggibahlyfe

pada akhir semester.. apa yang kalian pelajari di KM ini akan diujikan. Ujian ini dinamakan OSCE (Objective-Structured Clinical Exam). apa itu Osce ? Osce itu.. kematian…

pernah ga kalian dibegal ? pernah ga kalian pesen makanan dan udah dateng lupa bawa dompet ? pernah g kalian ngerasain deg-deganya nikah ? eh sori pada jomblo ya.. pernah ga kalian waktu ujian nasional ternyata pensil kalian pensil 1B ? pernah ga kalian streaming youtube HD1080 ternyata belum connect wifi ? pernah ga kalian deg-degan..bingung harus bilang apa ke mama karena numpahin bedaknya ? kalau pernah dan semua perasaan itu digabungin.. itulah OSCE guys.

OSCE adalah sesuatu hal yang merenggut kebahagiaan pada diri tiap-tiap anak FK..

Deg-degan

ga sih ga separah itu.. Cuma intinya OSCE itu adalah salah satu ujian yang bikin lambung kita berdebar-debar., jadi apa itu osce ?

cry

Osce adalah sebuah ujian praktik yang akan menguji kemampuan mahasiswa FK terkait dengan materi yang udah di ajarin di KM, singkatnya OSCE adalah Ujian praktik.

tata caranya adalah.. nanti di tempat osce ada beberapa ruangan.. dan ditiap-tiap ruangan itu sudah terdapat 1 orang mahluk penjaga.. (re: Dosen yang bakalan menilai kalian), 1 orang probandus/pembantu ujian, dan 1 jenis materi yang diujikan.  masing-masing kalian diberi waktu 7,5 – 15 Menit (tergantung amal ibadah materi yg diujikan) untuk melaksanakan 1 kali materi ujian. setelah waktu habis, kalian diharuskan untuk berpindah ruangan untuk berganti materi ujian.

kadang yang bikin deg-degan di osce adalah karena dosenya kalau ngelihatin serius banget.. seakan-akan wajah kita mengandung bocoran hasil sbmptn..

Stare.gif

selain itu.. seperti yang kubilang tadi.. kita cuma diberi waktu 7.5 – 15 Menit.. dan segera setelah waktu habis.. ntar bakalan ada suara bel yang suaranya kaya panggilan kebinasaan.. setelah bel berbunyi selesai g selesai.. kalian harus pindah ke ruangan lain untuk ngelaksanain materi ujian yang lain.

Osce ini biasanya mengujikan 8-10 materi..kalau kalian ga lulus salah 1 materi.. kalian harus ngambil remediasi yang mana kalian harus bayar.. udah remed.. bayar pula..

Money Crying

selain keterampilan medik, ketika menjadi seorang dokter.. ranah kita ga melulu ngobatin pasien yang jatuh dari surga atau korban keracunan obat batuk.. kita juga harus bisa pakai alat laboratrium, mainin tikus, sama main ama bakteri.. dan disitulah muncul “Praktikum”

Praktikum merupakan sebuah kelas dimana kalian nantinya akan belajar tata cara penggunaan alat-alat Lab untuk tujuan klinis..

praktikum biasanya dibagi lagi menjadi beberapa kelas, praktikum histologi, fisiologi, parasitologi, farmakologi, cocoklogi, patologi klinik, biokimia dan anatomi. masing-masing dari kelas praktikum ini bakalan ngajarin kalian materi yang berbeda, akan tapi memiliki satu kesamaan yaitu menambah beban anak FK. di histologi misalnya, kalian ntar bakal mempelajari struktur mikroskopis dari sel.. sedangkan di anatomi kalian bakalan mempelajari struktur makroskopis dari manusia..tambah lagi di biokimia belajar unsur kimia, di parasitologi belajar parasit..  terus kapan belajar fiqih sholatnya ?? #terangkanlah..

dan seperti biasa.. berlandaskan asas what doesnt kill you make you stronger.. praktikum inipun biasanya di ujikan juga, sebagai penentu nilai atau kalau di tempatku adalah syarat biar bisa keluar nilainya.. ditambah lagi beberapa praktikum itu mewajibkan mahasiswanya bikin laporan dulu biar bisa ikut ujian.. dan laporanya ditulis tangan.. jadi jangan kaget kalau tangan anak FK gede sebelah..

Anak FK

olrait.. di akhir artikel yang bahas sistem FK ini.. mungkin kalian berpikir kalau FK itu kuliahnya memang..

banyak banget materinya.. ribet banget.. capek banget.. ujian terus.. belajar terus..

dan yeah.. aku baru semester 4 dan 80% temen perempuanku udah ga tahan pengen nikah.. tapi gimanapun juga..

kakang spiderman said..

with great power comes great responsibility.. begitu juga with great responsibility need a great power.. menjadi seorang dokter merupakan tanggung jawab yang besar.. maka dari itu kalian harus kuat..

capeknya kalian belajar, capeknya kalian kerja, capeknya kalian remed capeknya kalian buat jadi dokter itu nanti Inshallah terbayarkan di 2 waktu.. di waktu dimana pasienmu sembuh dan di waktu ketika amalan kamu ditimbang..

“barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya”

-QS 5:2-

Bismillah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satu tanggapan untuk “Resep 6 : Sistem Fakultas Kedokteran ( Last Part )”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s