Tak Berkategori

Resep 9 : Cara Bertahan Hidup di Fakultas Kedokteran (Part 1)

 

Featured ImageDulu, waktu hari pertama kuliah di FK.. hal pertama yang gue amatin adalah struktur lekuk wajah temen-temen baru gue.. hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat menurut jurnal yang dipublish di suriname, disitu dijelaskan bahwa bentuk rupa temen menentukan nasib pernikahan, dan gue kaget banget waktu itu, karena wajah temen-temen gue mirip kaya sitasi jurnal semua .. kacamataan, rapi, rambut klimis, bajunya dimasukin, dan mereka juga pake parfum yang ada gambar batmanya gitu.. 1 kata yang cocok buat menggambarkan anak FK adalah “jomblo” “rajin”..

kerajinan yang tergambar dari sirat aura wajah mereka bukanlah kerajinan tipe biasa.. perbandinganya gini. Selama ini gue bisa dibilang termasuk orang yang rajin banget.. tingkat kerajinan gue adalah bisa mengupas satu bungkus kuaci tanpa melewatkan satu kuaci pun.. tapi di tingkat kerajinan seperti itu.. gue masih kalah dibandingkan temen-temen baru gue di FK yang rata-rata tingkat kerajinanya adalah bisa mengupas dua bungkus kuaci tanpa istirahat. Alhasil gue langsung berpikiran bahwa, “gimana ya cara ngupas tiga bungkus kuaci” eh bukan, gue berpikir bahwa “bakalan susah nih, bersaing di FK”

belum selesai menemukan solusi untuk masalah rajin, dari arah yang berlainan tiba-tiba gue menemukan fakta lain, yaitu kebanyakan anak FK ternyata ambeien, amfibi, ambis. fakta ini dibuktikan ketika pada suatu pagi di sela-sela perpindahan jam kuliah.. gue kelaperan dan pengen beli batagor di kantin deket ruang kuliah.. saat itu karena gue emang keluar lebih awal, jadinya kedai batagornya masih sepi.. tapi hal itu ga berlangsung lama..karena tiba-tiba gue denger dari belakang suara derap kaki komodo yang bergemuruh.. dengan bulu hidung bergidik gue pun nengok kebelakang.. ternyata dari belakang segerombolan mahasiswa FK berlarian secara mengkambing buta saling sikut-sikutan, tendang-tendangan, bahkan kucing-kucingan hanya demi dapet paket batagor komplit semata. Endingnya, gue yang lemot pun gagal bersaing dan cuma dapet minyak sisa batagor.. dengan tingkat keambisan level minyak batagor begini.. gue pun bertanya untuk sekali lagi kepada diri sendiri “bisa bertahan di FK gak ya..”

Running.gif
Anak FK mengejar paket Batagor Super Goreng

2 tahun berlalu.. gue sekarang udah mau masuk semester 5.. dan Alhamdullilah sampe sekarang gue masih bisa survive di FK meski tetep ga pernah kebagian jatah batagor.. selama 2 tahun kuliah di FK.. ada banyak banget ilmu hitam yang gue pelajari agar bisa survive di FK.. salah satunya adalah nyantet dosen sehingga pas dosen ngejelasin yang keluar paku sama rambutan (sejak kapan rambutan jadi komoditas santet woy).. oke itu alay..  dan inilah salah satu tipsnya..

The Power of Belajar Pagi

Selama semester awal.. hidup gue sangat kaco balau mirip tali headset.. tidur jam 12 malem, bangun jam 8, subuhan sering lewat, sering telat kuliah, dan tiap dosen baru buka kuliah gue udah mimpi jadi pohon rambutan, pokoknya kacau banget. Saat itu sebenernya gue bisa survive, nilai lumayan stabil, dan organisasi juga jalan.. tapi dibalik itu rasanya kaya hidup segan mati tak mau.. gue ga tau kenapa pake pepatah itu.. tapi intinya gue justru stress dan berantakan, gue merasa mengalami menstruasi versi pria..

Tired.jpg

hingga pada suatu hari ketika gue mau setoran hapalan (di Kampus gue, kita wajib hapalan surat Al-Quran buat lulus) tiba tiba dari arah belakang muncul suara geledek jedar kenceng banget kaya zeus yang lagi kentut.. ternyata suara itu di timbulkan oleh kemunculan temen gue satu angkatan yang IPK nya dewa banget, bernama cacan (nama samaran)

cacan adalah salah satu dari 10 mahluk yang berhasil meraih IPK sempurna di FK gue. Ke-10 mahluk ber IPK sempurna ini sangat di puja-puja di FK gue.. mereka menjadi semacam berhala modern di kalangan mahasiswa FK belakangan mereka memiliki sebuah nama julukan yaitu the Sumacumlauders.. karena gue takut mensekutukan tuhan dengan memuja-muja mereka, akhirnya gue memilih untuk terinspirasi aja sama mereka.

Karena gue terinspirasi sama dia akhirnya gue tanyain rahasia IPK dia apa “eh can gimana sih cara rambut kamu bisa berkilau” eh bukan gitu “eh can gimana sih kamu belajar nya kok bisa bagus nilainya” dan jelas saja.. jawaban dia adalah jawaban tipikal anak yang merendah untuk meroket “ah enggak kok nggak belajar”.. setelah gue keluarin pisau gue, baru dia ngelanjutin “sebenernya belajarnya cuman pas pagi.. dari jam 2 atau 3 pagi sampe jam set 8 sebelum masuk kadang sampe ga mandi”.. gue pun takjub karena dia ternyata belajar 4 jam lebih tiap pagi dan bahkan sampe merelakan tubuhnya di jajah oleh bakteri clostridium tetani karena tidak mandi..

karena tips ini adalah tips yang keluar dari seseorang dengan IPK sempurna.. gue pun coba untuk melakukan hal yang sama pada keesokan harinya. Yaitu tidak mandi eh bukan.. gue pun mencoba belajar di waktu pagi. Di hari itu gue tidur lebih awal biar bisa bangun pagi.. siap tidur dikasur, lampu dimatiin, kipas angin dinyalain..1 menit, 2 menit, 10 menit.. aneh banget gue ga bisa tidur.. eh ternyata masih jam 4 sore.. ternyata gue kepagian.. akhirnya hari itu gue tidur jam 8 malem .. dan besoknya.. gue bangun jam 5 pagi.. kesiangan sih karena itu artinya gue cuma punya waktu belajar 1,5 jam doang.. selesai sholat gue mulai belajar.. dan hasilnya..

WOW.. di pagi hari itu, ketika gue tutorial (diskusi di FK).. gue bisa paham dan presentasi lebih banyak daripada biasanya.. meskipun presentasi gue ga ada isinya.. yang penting gue bisa presentasi yg ga ada isinya lebih banyak dari biasanya. Bukan hanya jadi lebih paham dan ngomong lebih banyak di diskusi.. gue juga jadi lebih bersemangat buat ngejalanin hari seakan akan seperti keruntuhan semangka montok.. sekali lagi gue ga tau kenapa pake pepatah ini lagi tapi intinya adalah gue jadi lebih semangat.. dan yang paling penting adalah, gue ga telat buat sholat, ga telat buat kuliah dan ga telat buat nikah (tolong diamini.. TOLONG!!)

Keberhasilan yang gue alami dengan tips cacan membuat gue berpikir bahwa bangun pagi adalah salah satu cara yang tepat untuk survive di FK..

Morning.jpg

ada beberapa alasan kenapa cara dari cacan ini bisa berhasil ke gue dan mungkin juga bisa berhasil buat kalian.. salah satunya adalah karena pagi hari merupakan your body best for everything.. gue bukan niru slogan bebelac.. tapi memang tubuh kita memiliki sebuah jam biologis yang bernama sistem sirkardian..dan berdasarkan sistem ini.. pagi hari adalah saat dimana tubuh kalian optimal banget.. dan malem hari adalah saat bagi tubuh buat istirahat, itulah kenapa tiap malem kita ngantuk dan sering ga fokus buat belajar. Kalau kalian belajar di pagi hari, maka kalian akan belajar di saat tubuh kalian dalam kondisi optimus prime atau optimal..

Alasan kedua adalah.. kalau belajar di pagi hari.. itu artinya kalian tidak belajar dimalam hari (yaiyalah) atau dengan kata lain kalian tidur dulu baru belajar.. disini kita semua tahu kalau smurf warnanya biru (apa hubunganya) dan kita juga tahu bahwa tidur adalah saat dimana tubuh beristirahat dan merefresh pikiran.. logikanya, kalau kita tidur sebelum belajar..maka disaat belajar kita akan berada dalam kondisi fresh.

pagi hari juga adalah masa2 yang tenang banget.. beberapa temen gue ada yang ngeluh karena kosanya selalu rame, dan dia ga bisa belajar karena kosanya rame banget.. akhirnya dia berantem sama temen kosanya gara-gara sendalnya ga dibalikin (loh).. saran gue buat kalian yang selalu bermasalah dengan ramenya kos adalah belajar pagi.. pokoknya jadilah antimainstream dengan belajar ketika temen kos kalian tidur.. otomatis kalian ga mungkin diganggu oleh keramean kos kalian.. hanya saja.. mungkin sedikit ada gangguan dari arwah komodo jeruk purut atau si manis berkerudung pashmina.. tapi itu hanya terjadi kepada 0,1% populasi bumi. Belajar pagi juga akan melindungi kalian dari notifikasi grup-grup, kecuali kalian punya grup persatuan copet indonesia tapi itu udah beda cerita.. selebihnya, belajar pagi adalah timing tepat untuk mencari ketenangan dalam belajar.

dan alasan ultimate gue adalah.. as a muslim.. bangun pagi memudahkan gue untuk ibadah.. terutama jadwal sholat subuh yang sering banget lolos dan kalau beruntung bisa sekalian saur buat puasa. Beberapa ajaran dari agama Islam juga menganjurkan kita buat bangun pagi karena di masa2 itu banyak rejeki dan sesuatu yang bisa kita dapat. dulu gue selalu tidur setelah sholat subuh dan kebanyakan bahkan ga sholat subuh.. dan hasilnya gue sering telat, kelupaan barang, dan seret rejeki. tapi setelah 2 bulan saya obati dengan bangun pagi.. akhirnya saya sudah sembuh.. terimakasih bangun pagi (kenapa jadi kaya klinik tongkosonknyaringbunyinye)

Testimoni Tong Fang.jpg

satu-satunya kendala untuk belajar di pagi hari adalah susah bangun..

Susah Bangun.gif

dan gue pun juga merasakan penyakit susah bangun ini. kurang lebih 1-3 bulan baru gue bisa adaptasi dengan bangun pagi.. awalnya emang berat.. bahkan diawal-awal gue harus beli 2 Jam weker sebagai alarm.. dan biasanya gue taruh jam wekernya di tempat yang sulit ditemukan.. misalnya diatas lemari atau bersebelahan dengan gunting kuku.. fyi : jam weker yang gue taruh di sebelah gunting kuku masih berbunyi karena belum ditemukan.. tapi setelah pembiasaan .. gue sudah bisa bangun pagi.. terimakasih jam weker (kenapa kaya klinik tong seng lagi sih)

Efek lain yang ditimbulkan dari adaptasi bangun pagi adalah jadwal show mimpi kalian yang berubah.. Sebelum ikut progam bangun pagi biasanya gue tidur jam 12 dan bangun jam 7.. dan sekarang di rubah jadi tidur jam 8 dan bangun jam 3.. efek pertama yang terjadi adalah.. mimpi gue gak pernah sampe ending.. biasanya tubuh gue 4 pagi mulai mimpi, jam 5 pagi konflik, jam 6 pagi mulai ending, jam 7 pagi credit scene dan setelah itu gue bangun dengan senyuman.. tapi gegara ngrubah jadwal tidur.. mimpi gue ga pernah selesai.. kalau misal gue mimpi jadi babi ngepet.. baru ritual ngidupin lilin aja kadang gue udah bangun.. padahal biasanya bisa mimpi sampe jadi babi ngepet profesional bahkan bikin bisnis Go-Ngepet..

tips nya agar kalian lebih mudah bangun pagi adalah tidur aja lebih awal.. waktu minimal biar kita bisa fresh adalah tidur sekitar 6-8 jam dalam sehari.. gue pribadi tidur ambil 6 jam sehari ditambah 2 jam pas kuliah.. dan gue selalu tidur jam 8-9 malam tiap harinya.. meski mirip kaya bayi.. tapi ternyata memang gue ini baby boss..

Baby Boss.jpg

tapi meski begitu, tidur lebih awal sangat menjauhkan gue dari pergaulan buruk dimalam hari.. misalnya bergaul dengan pocong atau genderuwo.

Selain tidur lebih awal..motivasi juga dibutuhkan banget buat bisa bangun pagi.. terutama motivasi buat gak tidur lagi setelah bangun.. salah satu cara yang gue lakukan untuk meningkatkan motivasi adalah.. menamai alarm gue dengan quote motivasi.. kaya gini

Alarm.jpg

Bukan berarti kalau kalian ga bangun pagi kalian g bisa survive di FK.. hanya saja menurut gue bangun pagi lebih memberikan dukungan gue untuk berkembang..gue udah jelasin alasanya dan temen-temen gue juga banyak yang coba dan berhasil.. tapi banyak juga temen-temen yang ga mau coba dan bilang g bisa bangun pagi karena udah kebiasaan belajar malem.. inget.. sebelum gue bangun pagi.. gue juga tipe orang yang dulu belajar malem dan akhirnya gue mengalami menstruasi versi pria.. semua itu simply tergantung sama niat, konsistensi dan raisa usaha.. bahkan gue butuh 3 bulan untuk bener-bener beradaptasi.. meski susah.. di akhir semua berbuah manis..

Selain bangun pagi cara lain untuk bertahan di FK adalah..

 

tunggu di post selanjutnya.. ya 😀

jangan lupa kalau kalian punya resep survive lain untuk write your recipe in the comment section below 🙂

Bismillah

10 tanggapan untuk “Resep 9 : Cara Bertahan Hidup di Fakultas Kedokteran (Part 1)”

  1. As always, ngekek bacanya tapi seru dan berbobot. Mangats kuliahnya. Btw kalo gue pribadi intinya belajarlah di waktu produktif. Waktu produktif gue kadang ga menentu, tapi satu hal yang entah apa gue doang yang ngalamin ini atau gimana.. intinya setiap gue bahagia, waktu produktif gue nambah. Wkwk. So intinya berbahagialah jadi anak FK. Kata kakak kelas gue jaman bahula…. “jangan pelajari apa yang kamu senangi, tapi senangilah apa yang kamu pelajati.”

    Disukai oleh 1 orang

  2. Makasih kak, kaka senior yang baik dan inspiratif. Suka gaya bahasamu yang bebas dan ekspresif. Thanks, mo nyusul FK ni, Doain dong. Udah tak amini juga doa mo nikahnya wkwk.

    Suka

  3. Makasih kak, kaka senior yang baik dan inspiratif. Suka gaya bahasamu yang bebas dan ekspresif. Thanks, mo nyusul FK ni, Doain dong. Udah tak amini juga doa mo nikahnya wkwk.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s