Resep Biasa

Resep 10 : Cara Bertahan Hidup di Fakultas Kedokteran Part 2

Featured Image.jpg

Bisa dibilang, anak FK adalah sekumpulan anak-anak yang punya masa lalu kelam sama Matematika atau Fisika.. 48% anak FK yang gue tanyain “eh kau, kenapa pilih FK ?” , kebanyakan dari mereka selalu jawab dengan,“karena males ketemu yang itung-itungan”.. survey yg gue lakukan ini menunjukan bahwa anak FK adalah tipikal orang yang lebih suka ngehalalin ngehafalin dibandingkan ngitung.. itulah kenapa kebanyakan anak FK adalah cewe, dimana kita tahu bahwa seorang cewe bisa memiliki daya ingat yang luar biasa, cewe bisa hafal kesalahan yang pernah kamu lakukan 8 tahun yang lalu lengkap dengan keterangan tempat, waktu, suasana dan sudut pandang orang ketiga.. tapi disisi lain, gue adalah sebaliknya..

gue adalah orang yang pelupa.. bahkan gue pernah lupa ketika lagi mikir kenapa gue ini pelupa. Level lupa gue adalah kalau orang lain biasanya panik bayar di warung karena lupa bawa dompet.. gue biasanya panik bayar di warung karena lupa tadi udah makan atau belum.. sifat pelupa ini gue sadarin ketika pada suatu hari.. gue manasin motor, trus gue tinggal kekamar sebentar.. sampe di kamar gue udah lupa siapa nama kakek gue.. gak sih gak gitu.. sampe kekamar gue justru keasikan nonton film dan 2 jam kemudian baru sadar kalau gue manasin motor.. kalau motor gue bisa ngomong, mungkin dia bakalan berkata, “aku tidak mencuri ampli masjid.. tolong jangan bakar aku.. aku kepanasan.. tidak !!” mungkin kurang lebih kaya gitu.. bahkan karena 2 jam di panasin.. akhirnya kulit motorku jadi eksotis.. dan dia pun berterimakasih kepadaku karena semenjak itu dia jadi motor jantan idaman motor betina (kenapa jadi begini)

dengan level daya ingat seperti berang-berang yang gegar otak.. gue justru milih masuk FK.. bayangkan.. ngapalin alamat rumah aja gue butuh waktu 6 bulan les privat.. tapi gue justru kuliah di sebuah jurusan yang isinya ngehafalin, ngehafalin dan ngehalalin. jelas aja.. di awal-awal kuliah gue mengalami kesulitan buat ngikutin pembelajaran di FK.. tapi akhirnya, gue nemuin beberapa cara buat survive di FK..

Bikin Analogi !!

di FK.. kalian akan diharuskan untuk mempelajari mekanisme terjadinya sesuatu.. mulai dari mekanisme terjadinya batuk, pilek sampe mekanisme terciptanya kerang ajaib.. dan dari sekian banyak mekanisme itu.. jelas, gue sering ga paham dan gampang banget lupa.. jadi kurang lebih kalau gue ngobrol bareng temen gue buat minta penjelasan, endingnya antara gue paham, inget, atau gue kejang-kejang. maka dari itu gue mencoba mencari sebuah cara agar gue bisa lebih paham dan inget, solusi itu akhirnya muncul saat ada seorang dosen yang ngasih kuliah di kelas.

Dosen ini adalah dosen yang ahli Farmakologi, Farm merupakan bahasa inggris dari “pertanian”.. logi atau logos adalah pengertian dari “ilmu”.. jadi Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan #ea. karena obat-obatan tidak bisa dipisahkan dari sebuah unsur kimia, maka pada suatu hari dosen ini menjelaskan ke kita prinsip dasar dari sebuah ikatan kimia.. beliau bertanya ke kita,“mana yang lebih kuat ? ikatan hidrogen atau ikatan kovalen” dan dosen ini adalah tipe dosen yang terkenal karena suka mengeksekusi mahasiswanya dengan asal menunjuk mahasiswanya dan disuruh jawab. Salah satu cara yang dilakukan mahasiswa untuk menghindari eksekusi ini adalah tentu saja pura-pura sibuk.. ada yang pura-pura baca, pura-pura nulis, bahkan ada yang pura-pura bahagia.. kalau gue pribadi sih pura-pura ninja.. (Kura kura woy..) dan Alhamdullilahnya, gue terselamatkan dari eksekusi itu.. disisi lain, teman kami yang pura-pura baca buku justru terciduk.. ya iyalah, yang dia baca aja buku tabungan..

menurut kalian gimana ? kovalen atau hidrogen ? pertanyaan ini sebenernya gampang, karena waktu SMA kita udah sering banget pelajari tentang hal ini.. Cuma masalahnya pasti kita semua udah lupa dengan prinsip dasar dari ikatan kimia, terutama mengenai mana yang lebih kuat, ikatan kovalen atau ikatan ibu-ibu yang lagi pms.. temen gue yang ditunjuk pun juga sama, karena ga tau jawabanya, dia akhirnya Cuma bisa berakting epilepsi sambil nari zumba.. dan kita pun juga Cuma bisa mendoakan dari jauh sambil nelpon orang tuanya buat ngabarin kondisi tarian epilepsi yang dilakukan oleh keturunanya.. hingga akhirnya dosenku menerima kenyataan bahwa kami semua memang mengalami disabilitas hafalan dan mulai menjelaskan ke kita bagaimana konsepnya..

“ikatan kovalen adalah ikatan yang di ciri-cirikan dari saling berbaginya pasangan elektron untuk digunakan bersama, sedangkan ikatan hidrogen adalah ikatan tarik menarik antarmolekul yang memiliki muatan listrik parsial dengan polaritas berlawanan.. analoginya, kalau kita punya pasangan dan kita saling berbagi serta memahami, pasti hubunganya lebih langgeng dibandingkan kalau kita punya banyak sifat berlawanan dan bermusuhan.. itulah mengapa ikatan kovalen lebih kuat, karena ikatan kovalen memiliki ciri-ciri berbagi pasangan elektron..”

jawaban dosen itu mengundang decak kagum mahasiswa yang mendengar kuliahnya.. bukan karena bagus.. tapi karena dosenya jelasin sambil akrobat.. tapi selain itu memang temen-temen gue terlihat puas dengan penjelasan dosennya.. gue pun juga sama, ekspresi gue mendengar jawaban dosen itu ibarat kaya bantal yang ketemu sama sarung bantal, gue ga tau ekspresinya gimana, tapi pokoknya penjelasan dari dosen gue itu simple banget dan gampang buat dipahamin.. sampe sekarang pun gue ga pernah lupa ikatan-ikatan ini lagi.. dan selain itu gue juga menemukan solusi buat permasalahan susah menghafal gue yaitu.. Ruqyah Analogi.

Analogi bekerja dengan cara menyamakan atau menyesuaikan antara sesuatu hal yang masih baru bagi kita dengan sesuatu hal yang sudah kita pahami sebelumnya dan memiliki pola mirip. Dengan Analogi kalian akan menyamakan hal yang sudah kalian pahami dengan hal yang baru kalian pelajari.. dengan cara seperti ini kalian seharusnya bakalan lebih mudah memahami sesuatu yang baru itu. Misalkan gue kasih contoh analogi tentang sistem imun.

Immune System.jpg

Gue suka menganalogikan sistem imun tubuh kita itu kaya satpam.. satpam berperan untuk melindungi tempat kerjanya dari orang-orang asing.. agar satpam tidak salah tangkep orang, satpam mengenali orang asing dengan cara melihat tanda pengenal dari orang asing tersebut. Sehingga apabila ada orang asing yang masuk tanpa tanda pengenal, satpam bakalan ngusir tuh orang asing dan kalau perlu digebukin.. begitu juga dengan sistem imun, sistem imun memiliki peran untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing.. dan cara sistem imun tubuh mengenali benda asing adalah dengan melihat antigen atau tanda pengenal yang dimiliki benda asing tersebut.. sehingga kalau tubuh kalian kemasukan benda asing seperti misalnya kemasukan printer.. maka sistem imun kalian bakalan ngusir printer tersebut dan kalau perlu di gebukin.. dengan cara analogi kaya gini, gue jadi lebih mudah buat ngehafalin dan memahamin setiap materi yang ada di FK.. beberapa hal yang sering gue bikin analogi adalah Tekanan darah yang sering gue analogikan sama selang air, regulasi hormonal yang gue analogikan sama manajemen gaji, atau paru-paru yang gue analogikan sama balon..

Salah satu tips untuk bikin analogi adalah minta temen kmu yang pinter, buat jelasin sesuatu ke kalian pake analogi.. kendalanya adalah kadang mereka g mau jelasin.. maka solusinya adalah kalian harus memaksa.. kalian iket badan temen kalian dan siksa dia dengan menunjukan gambar justin bieber.. pasti dia akan takluk kepada kamu atau minimal mengalami trauma psikis. Tapi semisal kalian adalah tipe manusia yang ga punya temen dan lebih suka hidup menyendiri seperti gorila gunung.. maka kalian bisa belajar dari beberapa sumber2 di youtube, salah satunya Crashcourse Anatomy & Physiology.. ini adalah salah satu sumber yang sering gue pake di awal2 FK dan mereka banyak pake analogi buat penjelasanya.. dan yang pasti free..

Crash Course Anatomy and Physiology.jpg

Selalu Catat !!

pada suatu hari gue pernah minjem salah satu buku temen gue.. temen gue ini termasuk manusia setengah percetakan karena buku-buku kedokteran dia ini lengkap banget dan tebel-tebel.. kalau semua buku dia ditumpuk jadi satu, mungkin bisa dipake buat mengambilkan bulan buat kamu.. #eaforindonesia. Pas gue udah pinjem.. gue kaget banget karena buku dia lumutan ijo-ijo gitu.. eh ternyata gara-gara di stabilo.

Melihat fenomena stabilo itu, gue pun awalnya coba ikut-ikutan nge stabilo buku bacaan biar lebih gampang buat ngehafalin.. tapi bukanya hafal, yang gue dapet adalah buku gue jadi kayak ketumpahan cat karena gue stabilo semuanya..

Highlight Everything Important.jpg

Akhirnya gue pun klarifikasi ke temen gue..

A : Felix

B : Temen Felix

 

A : Bro gimana sih cara biar cepet hapal dan masuk materinya ?

B : gini, pertama-tama di stabilo dulu bagian pentingnya

A : udah,

B : terus di garis bawahi

A : atas bawah kiri kanan udah gue garisin…

B : kemudian diangkat

A : hah ?

B : lalu tiriskan

A : …

sehari setelah percakapan itu.. gue report foto IG dia yang paling banyak likes nya biar hilang haha #sangatkejam

tapi gue akhirnya sadar bahwa menstabilo hanyalah menandai bagian-bagian yang penting dari sebuah materi, hal yang lebih penting lainya adalah mencatat dan menulis ulang secara ringkas materi2 yang sudah kita baca sebelumnya. Menstabilo hanya membantu kita untuk mencatat poin-poin penting dari materi yang kita baca. Berdasarkan beberapa penelitian, kita akan melupakan 40% dari informasi baru yang kita dapat, sedangkan apabila kita mencatat, kita bisa mengingat 100% dari informasi itu.. berbeda dengan kenangan yang akan selalu melekat 100% dengan atau tanpa dicatat #eaforindonesia

selama gue di FK, gue punya puluhan buku tulis berisi catatan-catatan selama gue kuliah.. meski 80% dari buku-buku itu adalah catatan utang.. gue tetep selalu berusaha untuk mencatat materi-materi kuliah biar bisa lebih hapal dan paham.. gue juga selalu mencatat pake tulisan tangan karena kalau mencatat pake tulisan kaki atau tulisan hidung bakalan terlalu ekstrim.. beberapa keuntungan dari mencatat yang bisa gue rangkum adalah bisa bikin kalian lebih kreatif, fokus, dan rambut berkilau.. oke yang terakhir bukan gara-gara mencatat.. but intinya note taking atau mencatat adalah salah satu cara efektif yang gue lakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar gue.

salah satu permasalahan yang terjadi dalam mencatat adalah bagi mereka yang tulisanya mirip kaya ulet yang keracunan obat pemanjang badan.. atau semrawut. Jujur aja tulisan gue juga mirip kaya panda albino.. tapi entah kenapa gue masih bisa baca tulisan gue, dan gue yakin.. sejelek apapun tulisan kamu.. kamu tetep bakalan bisa baca hasil tulisan sendiri.. bahkan ketika temen kamu harus pake kacamata anti UV white and UV B untuk baca tulisan kamu, kamu tetep akan dengan mudahnya untuk membaca tulisan kamu sendiri.. jadi sebenarnya tulisan jelek bukan masalah buat kita yang bikin catatan.. tapi masalah bagi mereka yang mau minjem catetan kita..

Repetisi

cara terakhir yang ga ada duanya adalah repetisi.  Inspirasi ini gue dapet dari seorang temen yang hafal 30 Juz.. bukan juz buah apalagi juz tin biber..melainkan 30 Juz di Al-Quran. ketika gue tanya, dia cerita kalau proses ngehafalin Quran bukanlah proses yang mudah, contohnya.. dalam sehari dia bisa duduk 3 Jam lebih buat baca Al-Quran.. dan selama 3 jam itu dia hanya baca 1 halaman Al-Quran dan di ulang-ulang terus bisa 20-100x sampe dia hafal..dan dia lakukan hal ini tiap hari.. di saat kita baru baca Al-Ikhlas aja udah dehidrasi.. dia bisa duduk berjam-jam buat ngulang-ulang bacaan Al-Quran dan hasilnya adalah dia udah bisa kasih jubah mulia buat orang tuanya di surga.

pada dasarnya kalian ga bakalan bisa hafal kalau ga kalian ulang2 materi yang udah kalian dapet.. kalian bisa hafal sifat temen kalian karena sering ketemu, kalian bisa hafal lirik lagu karena sering dengerin, begitu juga kalian bisa hafal materi FK kalau kalian sering ulang terus materi-materi yang kalian dapet.

Rate of Forgetting.png

salah satu masalah yang gue yakini pasti terjadi didalam setiap insan anak cucu nabi Adam adalah “males buat ngulang”.. gue pun juga sama.. gue merasa bahwa energi yang digunakan buat menumbuhkan niat ngulang bacaan itu bisa digunakan untuk mengalahkan decepticon.. daripada gue ngulang baca.. mendingan ngalahin decepticon.. yang gue saranin disini jelas bukan ngulang-ngulang bacaan sampe kelenjar saliva kalian lumer.. tapi disini gue nyaranin kalian untuk mengulang dengan mengajar..

ketika kalian males buat ngulang baca buku, kalian bisa ganti dengan mencari korban yang mau mendengarkan kalian berbusa menjelaskan materi yang barusan kalian baca.. karena dengan menjelaskan, kalian sama aja kaya mengulang baca buku dan lebih hemat waktu di bandingin baca materi ulang.. korbannya bebas, bisa temen, adik kelas, satpam, tukang roti, tukang sulap, instruktur lumba-lumba, atau siapapun yang penting dia manusia.. tapi lebih bagus kalau korban kalian adalah sama-sama temen FK atau kalau bisa lebih pinter biar kalian di ledekin dapet feedback terkait penjelasan kalian.. atau kalau kalian adalah tipe manusia yang suka menyendiri di pojokan dan satu-satunya temen kalian hanyalah sepi.. maka gue menyarankan kalian untuk ngomong sendiri secara bayangan didalam kamar.. ingat !! di dalam kamar ya.. jangan sekali-kali kalian ngomong sendiri pas pemakaman atau pas mengheningkan cipta di upacara.. kalau gue secara pribadi lebih suka ngomong jelasin sendiri di depan kaca sambil mengagumi kegantengan gue.. karena itu lebih efisien dan bisa dilakukan kapan aja..

Analogi, Note taking dan repetisi adalah 3 hal utama yang gue lakukan buat menambah kemampuan menghafal gue..  dan gue yakin bahwa masih banyak lagi cara-cara belajar lain di luar sana yang mungkin lebih cocok buat kalian buat ningkatin kemampuan menghafal kalian, misalnya dengan melakukan tarian baby shark sebelum belajar atau meminum cairan infus dan alkali sebelum belajar.. terserah.. karena kalianlah yang tahu apa yang cocok bagi kalian.. cuma satu hal yang sama-sama harus kita lakukan biar kita lebih gampang belajar dan cepet hafal, yaitu, doa sebelum belajar.

Sampai jumpa dan cepet sembuh ya 😉

as always.. kalau kalian punya tips lain jangan malu-malu buat tulis di komen ya..

Bismillah

 

12 tanggapan untuk “Resep 10 : Cara Bertahan Hidup di Fakultas Kedokteran Part 2”

  1. Aku ketawa mulu bacanyaa, seru bangett tulisannya kak, kudoain semoga suatu saat bisa nerbitin buku giniannn hehehe, thanks!!

    Suka

  2. Dari awal buka website ini aku suka bacanya. Dimulai bahasanya yang amburadul, menghibur namun penuh pengalaman. Tapi ada sehelai rambut di nasi nih, coba deh cara penulisannya dilandasi EYD atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) soalnya artikel ini akan lebih bagus jika huruf kapital atau tata bahasanya teratur. Kalau gaya bahasa sih nggak masalah, justru gaya bahasa gaul artikel ini beda dari yang lain dan jadi coro khas, terbukti aku yang langsung tertarik dari pertama kali baca. 😀

    Semangat ya!!!
    Terus tulis pengalaman pakai bahasa gaulnya ya! Yang kurang cuma penggunaan huruf kapital, dll.

    Suka

  3. Sumpah…. ini artikel Bagus parah apalagi gaya bahasanya yang lucu dan gampang paham, bisa nambah motivasi aku tentang FK makasih loh kak calon dokter hmm

    Suka

  4. sumpahh aku baru kali ini baca tulisan cado tentang survive di fk karena perasaanku lagi campur aduk kayak bubur diaduk padahal aku baru 4 hari kulyeh hahaha, tpi tulisannya daebak lah, aku ketawa mulu bacanya dan yang pasti pesannya tersampaikan.
    semangat yaa kak, jangan berenti nulisnya juga 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s