Resep Biasa

Resep 12 : Macam Manusia di Tutorial

Featured Image.jpgdi FK nanti kalian bakalan mengalami sebuah proses yang dinamakan Tutorial (Baca Resep 5).. di beberapa FK, proses tutorial itu bakalan dinilai, itu artinya kalian harus belajar tiap sebelum tutorial.. masalahnya.. dalam seminggu kalian bisa 3x tutorial.. padahal, kalian juga harus belajar merelakan praktikum, penugasan, ujian dan masih banyak lagi.. jadi kesimpulanya adalah.. kalian harus cepet nikah

salah satu strategi yang bisa kalian pake buat mengurangi beban belajar kalian adalah dengan cara mengenali tipe orang2 yang akan kalian hadapi di tutorial nanti

Tipe Normal

Normal

Tipe ini adalah tipe yang bakal banyak kalian temui selama tutorial nanti.. biasanya tipe-tipe normal kaya gini ciri-ciri orangnya adalah biasa aja ga nakal, ga ambis, ga berlebihan, ga aneh-aneh, ga punya duit, ga punya kerjaan, dan ga punya kehidupan, wait.. kenapa jadi mirip fakir misscall gini.. ya intinya orang tipe ini adalah orang yang normal dalam segala situasi dan kondisi.

Salah satu contoh orang bertipe normal adalah gue.. gue masuk dalam kategori normal karena gue memenuhi 3 syarat.. ga nakal, ga punya duit, dan ga punya kerjaan.. di saat tutorial, tipe normal adalah tipe orang yang cukup aktif, cukup kritis, cukup sering bertanya, tapi ga cukup duit. kalian ga perlu khawatir dengan keberadaan tipe ini.. cukup kalian kasih duit dan mereka akan jadi pengikut kalian..

Tipe Super Aktif


SuperaktifTipe Super aktif biasanya adalah orang-orang yang terlahir dengan sertifikat kelahiran cumlaude.. kalau orang biasa di akta kelahiran cuma ada nama, tempat dan tanggal lahir.. orang-orang tipe super aktif di akta kelahiranya ada kolom catatan prestasi.. Ciri-ciri dari tipe super aktif adalah, super bagus IPK nya, super rajin, super pinter, super market ambis.. dan super kritis..

Di setiap tutorial minimal pasti ada 1 orang yang bertipe super aktif, orang tipe super aktif ini biasanya bakalan mendominasi jalanya diskusi tutorial.. mereka biasanya yang bikin diskusi tutorial jadi lebih seru dan enggak krik-krik kaya kekosongan hati kalian.. tapi disisi lain karena terlalu aktif, tipe ini kadang ga ngasih kesempatan buat balikan temen yang lain ngomong..

berhadapan dengan tipe ini cukup susah karena pada dasarnya mereka ini pinter dan rajin.. maka yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjadi lebih pintar dari mereka atau dinikahin aja biar seenggaknya anak kalian pinter..

Tipe Diem itu Emas

Diam itu emas

Di setiap akhir tutorial, kalian bakalan dikasih sebuah tes.. tes ini disebut miniquiz. Miniquiz ini bertujuan untuk menguji seberapa paham kalian terhadap materi yang sudah kalian diskusikan selama tutorial. Nah di tiap2 tutorial.. pasti ada aja satu orang yang selama diskusi diem banget.. tapi begitu miniquiz.. mereka mantap berkilau kaya rambut yang habis di menicure

Ciri-ciri dari tipe ini sudah pasti adalah pendiam.. kalian ajak ngomong, diem, kalian tanyain, diem, kalian sakitin, mereka diem…. diem-diem menangis..#lah Tapi di balik sifat pendiam mereka, mereka sebenarnya menahan kentut, mempunyai kemampuan yang luar biasa seperti contohnya makan indomie pake bumbu sarimi.. oh sory.. itu kemampuan gue. kemampuan luar biasa mereka tentu saja adalah sifat rajin yang mereka miliki.. mereka bisa belajar di segala situasi dan tempat.. bahkan dibioskop pun mereka bisa belajar.. kadang sampe di tegur sama petugasnya.. ditegur bukan karena dia belajar.. tapi karena bawa dosenya.. #krik

selama tutorial, ketika temen-temen yang lain lagi jelasin.. mereka biasanya nunduk terus.. awalnya gue kira mereka pemanasan senam.. tapi ternyata mereka ini lagi baca buku.. mereka kadang2 bicara juga sih.. tapi sekalinya bicara.. mereka itu kedengeranya kaya suara kumbang yang lagi faringitis.. pelan banget dan cuma sedikit… tapi.. giliran udah miniquiz.. beh dari 10 soal mereka bisa bener 12..

Tipe udah disuruh ngomong tapi ga ngomong-ngomong padahal dia harus ngomong karena semuanya udah ngomong  (UDNTNPDHNKSUN)

Gua ga tau

Di tiap tutorial pasti ada.. pasti ada aja satu anak yang bandel banget ga mau belajar dan akhirnya mereka ga ngomong sama sekali selama di tutorial.. sekalinya ngomong itu pun ijin pipis. mereka bukan pendiem, mereka ga ngomong cuma pas tutorial aja dan tiap kita paksa buat ngomong mereka selalu alasan ga punya bahan.. karena sebel.. akhirnya mereka gue kasih bahan.. bahan bangunan #krik

padahal, orang2 tipe ini justru sebenernya pinter, highscore flappy bird mereka aja lebih tinggi daripada punya gue, cuma sayangnya mereka males aja suruh baca2 materi FK.. jadi ibaratnya mereka kaya iphone x yang cuma dipake buat mainan slither.io..

Tipe nanya terus padahal udah tau jawabanya dan sok-sokan ga tau biar dia bisa ngasih tau meskipun awalnya pura pura gatau..

Pura2 Ninja

salah satu strategi yang bisa kalian lakukan untuk dapet kesempatan ngomong selama tutorial adalah nanya sesuatu yang kalian udah tahu jawabanya.. jadi ibaratnya kaya kita ngirim pesan “udah makan belum ?” dikirim ke diri sendiri.. dan nanti kita jawab sendiri :’) .. memang sih strategi ini terkesan jomblo banget karena nanya sendiri jawab sendiri.. tapi cara ini populer dan sering banget digunakan sama tipe orang yang satu ini..

ciri2 tipe ini adalah mereka sangat kritis dan pintar.. karena syarat kalian bisa masuk ke tipe ini adalah kalian harus bisa bikin pertanyaan yang susah banget ditambah kalian juga harus punya jawaban dari pertanyaan susah yg kalian punya.. gue pun awalnya juga pengen pake cara kaya gini biar bisa aktif di tutorial.. malemnya gue belajar.. menyiapkan bener2 pertanyaan kritis terbaik yang ada yang ga mungkin bisa di jawab bahkan oleh seorang profesor pun, dan cuma gue yang bisa jawab.. besoknya gue praktekin.. dengan penuh percaya diri gue angkat tangan.. terus gue tanya… “kapan pertama kali kakek gue puber ?”.. akhirnya gue kena skors..

salah satu cara untuk menghadapi tipe ini tentu saja dengan menjawab pertanyaan yg mereka ajukan.. atau sebaliknya, kalian tanya tentang sesuatu yang ga bisa di jawab sama mereka.. misalnya kalian tanyain.. “kapan nikah”

Tipe Malu bertanya sesat di jalan

Malu Bertanya sesat di jalan

Tipe ini adalah satu-satunya tipe yang lebih nyebelin dari setya novanto.. tipe ini adalah tipe yang cerewet banget.. dikit-dikit nanya, dikit-dikit nanya.. waktu gue lagi asik asiknya jelasin materi tiba-tiba mereka ini langsung nyerobot angkat tangan terus nanya.. “udah makan belum ?” eaa.. eh gak gitu ding.. pokoknya tipe ini adalah tipe yang kalau lagi nonton dora the explorer.. si dora nya yang bakalan capek jawab.

yang agak nyebelin adalah kadang mereka ini menanyakan sesuatu yang udah jelas banget.. misalnya mereka nanyain “kenapa sel imun melindungi tubuh ?”.. didalam hati gue berpikir, ya iyalah namanya aja sel imun, kalau ngerusak tubuh namanya pasti sel ingkuhan.. atau kadang mereka juga nanya sesuatu yang udah dijelasin sebelumya.. misalnya aja aku habis jelasin tentang mekanisme A.. beberapa saat kemudian dia tanya lagi.. “udah makan belum ?” eaaa.. #krik

tapi salah satu hal yang gue kagumi dari orang tipe ini adalah, meskipun menyebalkan, mereka ga malu untuk bertanya.. berapa banyak orang di sekitar kalian yang gak tau tapi ga berani tanya dan akhirnya justru salah ? ..tipe ini sadar, daripada mereka terjebak dalam rasa malu untuk bertanya, mendingan mereka terjebak dalam nostalgia tidak nyamannya berani untuk tahu..

Tutorial

Ralat… tipe-tipe ini bukanlah orang yang akan kalian hadapi, bukan musuh kalian, bukan juga orang yang harus kalian kalahkan dalam persaingan meraih nilai tertinggi..

mengenali mereka bukan bertujuan untuk mencari kelemahan dan mengalahkanya.. tapi untuk belajar dan memahami mereka lebih baik…

mengenali tipe super aktif agar kita bisa belajar banyak dari mereka..

mengenali tipe diam itu emas agar kita bisa tiru kerajinanya..

mengenali tipe nanya terus padahal udah tau jawabanya dan sok-sokan ga tau biar dia bisa ngasih tau meskipun awalnya pura pura gatau (gue menyesal kasih nama panjang2) agar kita bisa dukung mereka lebih baik..

mengenali tipe nanya terus padahal udah tau jawabanya dan sok-sokan ga tau biar dia bisa ngasih tau meskipun awalnya pura pura gatau (gue menyesal untuk kedua kalinya) agar kita bisa belajar kritis

mengenali tipe malu bertanya sesat di jalan agar kita bisa tiru keberanianya untuk tahu..

mengenali tipe normal agar kia bisa kasih duit lebih banyak kepada mereka

intinya..

tujuan mengenali itu bukan untuk menyakiti.. tapi untuk mencintai

kira-kira kalian tipe apa ?? yuk tulis di koment 😀

Bismillah

 

 

 

 

 

 

 

 

5 tanggapan untuk “Resep 12 : Macam Manusia di Tutorial”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s