Resep Biasa

Resep 13 : The Cadaver

 

Featured Image.pngSalah satu momen paling tak terlupakan ketika gue di FK adalah pas di acara Ospek AORTA atau Ajang Orientasi dan Ta’aruf mahasiswA FK.. waktu itu, acaranya adalah tur laboratrium FK.. awalnya gue ga ada feeling apa-apa.. cuma kadang rindu aja.. #apasih.. tapi perasaan gue mulai ga enak ketika gue dan temen2 gue disuruh antri masuk ke dalam sebuah ruangan dan.. tiba-tiba mata gue ditutup pake kain !!.. gue pun langsung kaget dan meronta-ronta.. bukan karena mata gue ditutup.. tapi karena mata gue kecolok kain.. akhirnya terpasanglah kainnya dan kita ga bisa lihat apa-apa kecuali masa depan yang cerah.. kemudian kita pun dituntun masuk sama panitia AORTA-nya ke dalam ruangan itu..

hawa ruangan yang dingin semakin meningkatkan perasaan ga enak yang gue rasakan saat itu.. jangan-jangan gue mau di lamar.. ah tapi ga mungkin, kan gue masih di bawah umur.. gue pun semakin di tuntun masuk kedalam, kedalam, dan tiba-tiba STOP !.. ternyata panitianya salah jalan.. akhirnya kita balikan,  semakin dalam-semakin dalam hingga akhirnya gue berhenti di suatu tempat.. dan tiba-tiba tangan gue dipegang sama panitianya terus di masukin cincin di jari manis gue.. oke bukan itu yang terjadi.. tapi tangan gue ditempelin ke sesuatu yang dingin dan lembek-lembek keras.. tiba2 panitianya ngomong.. “aku sayang kamu”.. eh bukan gitu.. mereka ngomong “tenang aja ya, jangan takut..”

beberapa saat kemudian, Panitia itu ninggalin gue sendirian dengan kondisi tangan gue masih megang struktur lembek-lembek keras aneh ini.. tiba-tiba dari arah timur.. oke sebenernya gue ga tau dari arah mana karena mata gue ditutup.. muncul sebuah teriakan kenceng banget.. “DEK DIBUKA CELANANYA PENUTUP MATANYA !!”.. gue pun shock dan pingsan (lah belum apa apa pingsan..) gue pun kaget dan refleks langsung buka penutup mata yang gue pake..  dan ternyata… didepan gue ada….CADAVER !!

Bagi kalian calon mahasiswa FK.. kalian harus mulai membiasakan diri dengan apa yang dinamakan CADAVER.. jadi apa itu cadaver ?

Cadaver, adalah ketika kamu pergi untuk memasak… itu kedapur woy !!…oke sekarang serius

Cadaver 01.jpg,

Cadaver secara praktiknya sering diartikan sebagai mayat yang digunakan sebagai media pembelajaran. Sejarahnya, dulu sekitar tahun 300 BC, ada dokter yang bernama Herophilus dan Erasistratus. Kedua dokter ini, ngelakuin pembedahan ke mayat manusia buat tahu apa sih yang ada didalam tubuh manusia. sejak saat itu, cadaver atau mayat manusia sering di gunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan ilmu tentang kesehatan.

Tapi jaman dulu pembedahan cadaver ini masih dianggap suatu hal yang tabu bahkan sering dilarang..  alasanya tentu saja berkaitan dengan budaya, kepercayaan serta hukum yang jelas saja pada jaman itu masih belum berkembang seperti sekarang.. bahkan nih, ga jarang para dokter2 jaman dulu mencuri mayat buat di bawa kerumah dan dipelajari di rumah.. oiya FYI.. jaman dulu masih belum ada proses pengawetan mayat.. jadi para dokter juga harus berjuang untuk melawan bau dari mayat yang sudah mengalami pembusukan..luar biasa perjuangan mereka.. so lets take a moment to appreciate what they have done for the development of medical knowledge.

di FK nanti, kalian akan mempelajari struktur anatomi manusia ga cuma dari buku doang.. kalian juga bakal praktik langsung dengan media cadaver atau biasa juga disebut secara gross anatomy.. Bisa dibilang Cadaver ini adalah dosen kalian.. jadi mereka juga harus di hormati sebagaimana kalian menghormati dosen kalian.. meski cadaver ini adalah dosen kalian.. kalian ga boleh bimbingan skripsi sama cadaver.. apalagi jadi asisten dosennya..

oke balik lagi ke cerita Ospek..

Cadaver 02.jpg

Sesaat pas gue buka penutup mata dan gue lihat kadaver di depan mata gue.. perasaan gue saat itu adalah ngeri sekaligus takjub.. ngeri karena gue barusan ngilangin tupperware titipan mama gue.. dan takjub karena ini adalah kali pertama gue melihat kadaver secara langsung dan bahkan gue boleh pegang.. gimana enggak takjub.. selama ini yang gue lihat cuma mayat cicak yang mati kesetrum di belakang cetekan lampu.. dan sekarang gue dapet kesempatan untuk belajar dan melihat langsung kadaver yang bakalan jadi dosen gue kedepanya..

Setelah beberapa saat mengamati cadaver ini.. tiba tiba dari arah barat muncul suara.. oke sebenernya gue masih g tau arah barat dan timur itu mana, tapi pokoknya muncul suara.. “Dek !! dihormati ya.. itu Dosen kamu.. dan tolong kamu cari Jarum yang tertanam di kadavernya.. Cepat !!”.. dari sini gue berpikir.. gue di suruh ngehormatin kadaver karena mereka adalah dosen gue.. tapi kenapa panitianya justru nancepin jarum ke kadaver ini -__- .. bayangin coba pas nanti lu suatu saat jadi dosen ngajar di depan kelas.. pas lagi enak enak ngajar.. tiba tiba dari belakang ada murid lu yang nancepin jarum ke tubuh lu.. clup.. terus nyuruh adik kelas nya buat nyabutin jarum yang barusan di tancepin.. kan minta di reboisasi ini namanya -_-.. tapi ya sudah lah.. akhirnya gue nurut aja dan nyari jarum di kadavernya..

Lagi asik-asiknya nyari jarum.. tiba-tiba dari arah utara.. oke gue sebenernya juga tetep ga tau tentang arah.. ada temen cewek jerit kenceng banget terus diikuti suara “gedubrak”.. ternyata.. temen disebelah gue ada yang pingsan.. bukan karena kadavernya… tapi karena ternyata dia juga ngilangin tuperware mamanya..  oke gak gitu.. jadi temen di sebelah gue ini pingsan sesaat setelah dia buka tutup matanya dan ngelihat cadaver.. bahkan ga lama setelah temen gue pingsan itu.. ada beberapa temen lain yang sampe muntah pas ngelihat cadaver. Pada saat itu gue ngerasa bangga karena gue ga muntah, apalagi pingsan.. gue cuma kejang-kejang aja..

Oke guys… kalian ga perlu takut dengan cadaver.. cadaver ga akan ngapa-ngapain kalian.. kalian ga bakalan di tanyain “kapan nikah” sama cadaver.. jadi gausah takut. banyak temen2 yg takut sm cadaver pada akhirnya mereka justru ga bisa ambil ilmu yang bermanfaat buat mereka. Pada dasarnya kalian ga akan bisa belajar selama kalian masih takut dengan apa yang kalian pelajari.. contoh.. orang yang mempelajari tentang mahluk buas misalnya ibu-ibu yg naik motor.. tentu saja orang itu ga boleh takut sama ibu-ibu.. mereka harus mencintai dan bahkan mendekati mahluk buas ini biar bisa dapet ilmunya.. temen-temen gue yang tadinya pingsan pas ospek pada akhirnya juga harus rela merubah diri mereka dan menjadi berani biar bisa dapet ilmu ini.. jadi buat kalian yang bakalan kenalan sm cadaver.. jangan takut, tapi berbahagialah karena ada orang baik banget yg rela mendonorkan dirinya untuk menjadi media belajar utk kalian.

Akhirnya gue lanjutin buat cari jarum dari kadaver yg berada di depan gue.. pertama gue cari di bagian perutnya.. g ada..gue cari di bagian tangan.. g ada.. gue cari di bagian kaki.. g ada.. gue cari di bagian dada.. g ada.. gue cari di tokopedia..g ada juga.. gue pun panik karena kalau ga dapet jarum pasti kakak-kakak tingkat bakalan secara berbondong-bondong ngejekin gue jomblo.. akhirnya gue pun berusaha menulusuri lebih detail lagi.. tapi tiba-tiba dari arah jam tiga lewat dua puluh dua menit..(oke gue bahkan ga bawa jam waktu itu).. terdengar suara “glondang-glondang”.. wah dangdutan nih.. oh ternyata bukan.. ternyata suara tersebut berasal dari temen gue.. yang dia dengan tidak hormatnya membanting cadaver karena jijiq.. benar.. di banting..

Cadaver.jpg

Cadaver.. is not a toy.. cadaver adalah sumber ilmu dan seorang pelajar wajib untuk menghargai semua sumber ilmu.. mungkin para cadaver adalah mantan mahluk hidup yang sudah tidak bisa membalas apa yang kalian perbuat kepadanya.. tapi pembalasan tidak harus dilakukan secara langsung.. banyak banget kaula muda jaman now yang melakukan perbuatan tidak hormat sm cadaver.. ada yg selfie, ad yang suka nusuk-nusukin pake bolpen, bahkan ada yang mainin perasaan. (oke yang terakhir itu beda).. tapi intinya, sebisa mungkin hargai para cadaver, mereka telah mengorbankan tubuh mereka untuk menjadi ilmu buat kita.. dan tugas kita cuma 2, belajar dan menghormati.. jangan dibantingin apalagi di gantungin..

akhirnya gue pun menemukan jarum yang sedari tadi gue cariin.. gue nemuin 2 jarum di bagian kepala tepatnya dahi cadaver.. gue seneng banget waktu itu,, karena temen gue cuma dapet 1 jarum bahkan g dapet jarum.. mereka dapetnya jarum 76 #eh.. dengan bangga gue serahkan jarum ini ke kakak panita ospeknya..mereka pun tanya dari mana gue dapet jarumnya.. awalnya gue mau jawab “dari tumpukan jerami kak” biar kesanya keren gue bisa menemukan jarum di tumpukan jerami.. tapi gue berpikir bahwa itu alay dan gue urungkan niat itu..

“di bagian kepala kak”.. mereka pun tanya lagi.. “bisa gak kamu sebutin pembuluh darah apa yang ada di bagian kepala ?”.. satu2nya pembuluh darah yang gue hapal saat itu adalah pembuluh darah aorta.. dan itupun gue tau karena memang acara ospeknya namanya aorta.. “g..g tau kak..”, dan akhirnya gue pun diomelin.. yah memang wajar.. ketika ospek, maba memang selalu salah.. dan kating panita selalu benar, apalagi panitianya cewek.. beh setya novanto kalah hebat..

tapi setidaknya di hari itu gue bisa ketemu dengan cadaver.. dan Cadaver.. adalah salah satu hal yang paling keren yang bakal kalian temui di FK.. jaman dulu dokter harus nyuri mayat buat pelajari tubuh manusia dan melawan baunya proses pembusukan.. tapi sekarang proses belajar sudah penuh dengan kemudahan.. jadi rugi kalau kalian sia-siakan.. Cadaver ada untuk dipelajari, bukan ditakuti, mereka juga harus di hormati.. karena dulu mereka pernah punya hati..

Tetap semangat dan semoga cepet sembuh ya 🙂

Bismillah

As always dont forget to share like, comment… dan follow yeah B-)

Satu tanggapan untuk “Resep 13 : The Cadaver”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s