Resep Biasa

Resep 16 : Spesialis Peserta

Spesialis Peserta.jpgDulu waktu SMA, gue adalah tipe orang yang sering banget ikut lomba,  bukan karena gue jago.. tapi karena pengen koleksi kartu peserta agar suatu hari gue bisa jadi kolektor kartu peserta terlengkap di atlantis. Satu-satu nya lomba yang gue enggak ikut adalah lomba-lomba.. (Lumba-lumba woy !!) tapi, meski gue sering ikut lomba.. gue jarang banget adu lomba (Adu domba woy !!) gue hampir g pernah menangin lomba. Gue masih inget, cuma 1 lomba yang pernah gue menangin dan itu adalah lomba ngeband, dimana gue jadi basist terbaik..

diantara 4 peserta..

3 diantaranya masih SD dan SMP..

padahal gue SMA…

pada masa itu gue selalu iri ngeliat temen gue yang bisa menangin lomba, tiap gue mampir ke rumah temen gue.. pasti di dinding rumah mereka terpajang piagam penghargaan yang terdokumentasi indah di balik pigura.. sedangkan di rumah gue ? hanya terhiasi oleh cicak-cicak di dinding yang diam-diam live smule.. akhirnya gue pun bikin janji sama diri gue sendiri..

DI MASA KULIAH NANTI, GUE HARUS BISA DAPET Isyana JUARA

Tapi gimana caranya !?!

Terakhir kali gue ikut lomba fisik, basket.. gue selalu keinjek sama pemain yg lain karena tinggi badan gue yang sama dengan permukaan laut.. Terakhir kali ikut lomba yg agak mikir, olimpiade sains, baru baca soal pertama, bibir gue langsung kering, keringetan dan menstruasi tidak lancar.. terakhir kali ikut lomba pidato, pas gue ngomong, jurinya ngebelakangin gue semua.. eh ternyata the voice. Intinya gue bingung banget krn gue hampir g punya keahlian khusus selain mengembang kempiskan lobang hidung dan bangun tidur tanpa alarm.

Hingga akhirnya, pas Ospek awal kuliah.. temen gue mengenalkan gue dengan sebuah organisasi..

A : temen gue

F : Gue

 

A : gabung Smart yuk ?

F : gue ga tertarik jualan modem

A : ITU SMARTFREN GUNDUL !!

F : lah yg ini Smart apa ? Saingan indomart ?

A : ini organisasi ilmiah, Scientific Medical Activities of Research and technology

Logo Smart.png

Gue pun shock mendapat ajakan itu.. selama ini aja gue menulis nama kota g pake huruf besar.. dan skrng gue justru diajakin gabung organisasi ILMIAH !!

F : Gila.. mana bisa gue diterima, gue g bisa apa-apa.. apalagi hal berbau ilmiah gitu… ajak yg lain aja.. gue mending masuk organisasi KOMPUTER aja, Kumpulan Jomblo Prihatin, Usang dan Terpinggir.. apalagi gue kan..

A : cewenya cakep-cakep

F : oke, yuk..

Akhirnya, gue daftar di sebuah organisasi yg isinya anak2 berprestasi sedangkan gue berpestisida..

Awalnya gue minder banget, krn mungkin Cuma gue di organisasi itu yg g ada latar belakang keilmiahan, sedangkan calon2 anggota yg lain mukanya kaya preparat laboratrium.. tapi itu tidak masalah ! gue percaya bergabung disini adalah salah satu jalan agar cita2 gue untuk berprestasi bisa tercapai..

Kalender Ilmiah Bapin.jpg

Lomba2 di FK pada umumnya berkutat di 3 hal.. lomba edukasi yg bisa berupa poster edukasi atau video edukasi.. lomba ilmiah berupa poster ilmiah atau karya tulis ilmiah.. dan olimpiade kedokteran.. oleh karena itu.. diawal2 masa gue magang di SMART.. calon anggota bakal dibagi menjadi kelompok sesuai dengan kemampuanya.. berhubung gue belum bisa bikin karya tulis dan belum mampu buat ikutan olimpiade.. akhirnya gue ikut yg bikin poster.. bukan karena gue bisa.. tp karena gue pengen belajar ngedit jerawat dan ninggiin badan..

Waktu itu, kelompok gue dibina oleh kakak tingkat gue yg sebut saja bernama mas izal.. mas izal ini keren, dia sering ikut lomba, sering menang, sering jadi pembicara dan sering di hina karena kejombloanya.. tapi intinya dia luar biasa.. berbekal pembimbing keren, gue pun semakin percaya diri akan bisa memenangkan lomba dibawah bimbinganya.. hari demi hari gue belajar bikin poster sm dia, dan akhirnya poster pertama gue jadi..

Poster SA.jpg

Poster berjudul cegah Alzheimer dengan otak ini gue kirim Scientific Atmosphere (SA) di  Bali.. kenapa bali ? karena gue pengen pempek (ITU DIPALEMBANG WOY!!).. SA ini adalah lomba yang paling deket tanggalnya.. dan lumayan kalau lolos bisa ke bali dapet pempek (PALEMBANG !!).. jadi dengan mengucap Bismillah.. gue join..

Scientific Atmosphere.jpg

Design poster (yg menurut gue) g jelek jelek amat, bantuan sang maestro mas izal, dan 1 bulan puasa titip absen, membuat gue sangat percaya diri bahwa gue bisa lolos ke tahap selanjutnya.. hari demi hari gue lalui, tiap hari gue ngecek line, email untuk lihat ada yg ngechat atau enggak, ternyata enggak :’) hingga akhirnya.. 26 Januari 2016.. hari yg ditunggu-tunggu itu datang.. gue siap untuk lolos, gue udah beli pulsa buat ngabarin keluarga besar untuk bikin syukuran, gue udah bikin laporan praktikum karena ternyata belum gue kerjain, dengan penuh hati2 gue buka hasil seleksinya.. dan Hasilnya adalah !!

Waiting.gif

Gue ga lolos, untuk kesekian kalinya gue gagal.. tiba2 mata gue jadi berair, sembab, dan burem…ternyata belekan. Tapi disi lain gue udh sering gagal, jadi gue g terlalu sedih saat itu, gue cuma mengurung diri di kamar 3 hari aja. Tak disangka-sangka beberapa hari setelah itu.. gue dapet kabar dari mas izal kalau ada lomba lain dengan tema sama di jogja,

Medjonson 2016.jpg

harapan baru muncul.. tanpa pikir panjang.. gue kirim karya gue ke lomba yg satu ini.. buka email, upload karya, isi form pembayaran, bayar biaya registrasi, sebar undangan, cari katering, beli mahar dan.. kenapa malah nikahan gini yak.. Akhirnya..  semua persyaratan udah selesai dan gue tinggal nunggu pengumuman lolos.

Saat-saat yg ditunggu tiba, sekali lagi gue udah siap untuk lolos, gue cukup yakin bakal lolos karena pada hari itu puasa titip absen gue mencapai rekor 2 bulan.. dengan penuh deg – deg an gue buka official account lomba ini dan eng ing eng…. Gue Ga lolos.. lagi-lagi gagal.. 2x gagal dalam waktu berdekatan 1x lagi mungkin gue bisa dapet istri Voucher GoCek.. tapi, gue udah biasa gagal, jadi gue ga sedih..  gue cuma ga mau makan 2 hari aja..

Tidak lama setelah itu, masa magang gue di SMART berakhir.. sekarang adalah saatnya pengumuman siapa yang lolos jadi Anggota Smart dan siapa yang lolos seleksi Penonton bayaran dahsat.. waktu itu, pengumuman di lakukan dengan cara ngasih surat ke anggota magangnya,.. pas gue dapet surat, gue pun langsung deg..deg an.. gue buka suratnya.. ada tulisan Nama bapak gue, Vario, dan Biru.. eh ternyata STNK.. surat aslinya sekarang udah bener2 gue keluarin, gue sobek bungkusnya, dan tet teretet….!!

GUE LOLOS !!… akhirnya ada seseorang yg menyadari potensi Isaac Newton dalam diriku.. tp belakangan gue denger klo semuanya emang dilolosin..

Setelah gue berhasil jadi Anggota SMART, gue mencoba untuk belajar tentang cara melakukan sesuatu yang ilmiah, semisal titip absen secara ilmiah, atau menjadi jomblo secara ilmiah. Hasil belajar gue dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan gue untuk memberi huruf besar di tiap awalan kalimat, tapi gue menyadari bahwa peningkatan gue ini lebih lambat dari laju kecepatan siput disabilitas.. maka gue mencari cara lain dengan cara mencari Teman..

Dan teman itu sebut saja bernama Khoirul Hidayah.. pertama kali denger nama cewe yang satu ini, gue sempet berpikiran kalau dia ini investor terbesar majalah hidayah dan hobinya mengadzab orang.. tapi ternyata bukan. Suatu hari, tiba2 gue diajak si khoirul hidayah ini untuk ikut lomba, lomba poster majalah hidayah publik di Lampung. tanpa basa-basi gue mengiyakan.

Mesentrica 2016.jpg

Temanya waktu itu tentang pediatric atau tentang anak. Sebagai seseorang yg belum pernah berkopulasi, dan mempunyai anak, awalnya gue bingung apa masalah utama pada anak.. setelah gue cari di internet.. gue justru tambah bingung.. tp kemudian si hidayah ngusulin.. DIARE.. Gue pun setuju dengan usulan diare ini.. karena emang sering banget anak kecil kena diare.. bahkan mungkin anak kecil yg ga kena diare itu adalah anak yg terkutuk. Berhubung ini poster edukasi, kita harus bikin materi edukasi yang berhubungan dengan diare.

Surfing di internet, baca2 buku, bertanya ke dosen, gue dapet ide, idenya pasti bagus, gue dateng ke hidayah, gue teriak.. gimana kalau !!!

“ATASI DIARE DENGAN PERGI KE DOKTER”..

gue digebukin..

tapi tiba2 muncul sebuah ide lain, gimana kalau kita !!

“LAKUKAN BAB UNTUK CEGAH DIARE”..

gue makin digebukin..

“Maksud gue, BAB itu singkatan dari Beri Asi Berkala !!”

tak disangka-sangka kita berdua setuju.. ide ini muncul setelah kita sempet baca kalau ASI bisa menurunkan resiko diare pada anak..  tanpa berlama-lama.. dengan sigap kita langsung bagi tugas, si Hidayah ngerjain materi dan poster, dan gue tinggal tunggu hasilnya

gue digebukin..

Akhirnya kata sepakat tercapai ketika kita membagi dengan dia ngerjain materi dan pemberkasan, sedangkan gue di bagian poster dan bantu pemberkasan juga.. gue kerjain posternya selama bermenit-menit, pagi siang malam ke pagi lagi.. begitu terus hingga akhirnya poster kita jadi.. gue kirim ke khoirul dan dia kirim ke panitia.. awalnya gue usulin dikirim pake JNE tapi itu kan retardasi banget..  gue lupa kalau Cuma ngirim softfile.. dan akhirnya kita kirim pake email

Poster Mesentrica.jpg

hari demi hari berlalu.. hingga akhirnya hari pengumuman itu datang.. deg..deg.. deg..deg.. bukan suara jantung, tapi suara orang gagap jualan es degan..deg..deg..degan pak satu..  #apasih -_-

dan ternyata hasilnya adalah..

 

 

 

(Bersambung)

4 tanggapan untuk “Resep 16 : Spesialis Peserta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s